Rabu, 18 Januari 2012

Rabo Wekasan


Rebo Wekasan
Sebagian orang mempunyai keyakinan bahwa pada hari Rabu terakhir bulan S{afar itu merupakan hari sial atau nahas, mereka percaya akan turun 320.000 bencana pada hari yang disebut “ Rebo Wekasan”. Oleh karena itu mereka tidak berani mengadakan acara hajatan tertentu dan bepergian karena takut celaka. Dan untuk menolak bencana tersebut mereka dianjurkan melakukan suatu amalan tertentu, seperti membaca suatu bacaan, menulis wifiq dan iletakkan kedalam bejana yang berisi air kemudian iminum, bahkan ada yang menganjurkan S{alat empat rakaat untuk menolak bala’.
Keyakinan pesimistis semacam ini suah terjadi paa zaman Rasulullah SAW. Dalam hadith riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَكَمِ حَدَّثَنَا النَّضْرُ أَخْبَرَنَا إِسْرَائِيلُ أَخْبَرَنَا أَبُو حَصِينٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا هَامَةَ وَلَا صَفَرَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al H{akam telah menceritakan kepada kami An Nadhr telah mengabarkan kepada kami Isra>il telah mengabarkan kepada kami Abu Has}in dari Abu S{alih dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu dari Nabi S{allallahu '’alaihi wasallam beliau bersabda: "Tidak ada 'adwa (keyakinan adanya penularan penyakit), tidak ada t}iyarah (menganggap sial sesuatu hingga tidak jadi beramal), tidak ada hammah (keyakinan jahiliyah tentang reinkarnasi) dan tidak pula s}afar (menganggap bulan s}afar sebagai bulan sial, haram atau keramat). (S{ah}ih Bukhari, hadith no: 5316, kitab : at}-T{ibb, dan hadith no: 5328, S{ah}ih Muslim, hadith no: 4116, 4118, 4120, 4121, Sunan Abi Daud 3412 dan yang lain).
Imam Abu Daud mengomentari hadith ini dengan ungkapan “Aku mendengar bahwa orang jahiliyyah dahulu memandang sial terhadap bulan S{afar. Maka Muhammad SAW bersabda, “tidak pula s}afar (menganggap bulan s}afar sebagai bulan sial, haram atau keramat),”
Shaikh Must}ofa al Maraghi menjelaskan tentang pesimisnya sebagian orang terhadap sebagian hari termasuk Rebo Wekasan sebagai berikut : “ Dan adapun apa yang diceritakan orang tentang adanya sebagian hari yang membawa sial, maka cerita itu tidak benar sama sekali,”(Tafsir al Maraghi, Jilid 9 hal.78).
Imam Isma>’il Muhammad al-‘Ajaluni> ash-Sha>fi’i>, seorang ahli hadith dari Syria, menjelaskan : “ Kesimpulannya, bahwasanya merasa takut dengan adanya hari rabu akhir bulan S{afar dengan cara tat}ayyur dan punya keyakinan seperti akidahnya ahli nujum, maka hukumnya haram yang amat sangat,” (Kashful Khafa wa Muzilul Ilbas, Jilid I, hal :13).
Hadhratush Shaikh M Hashim Ash’ari> pernah menjawab pertanyaan orang tentang Rebo Wekasan. Beliau melarang berprasangka jelek terhadap Rabu terakhir bulan S{afar seperti yang dilarang oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, jawaban beliau dapat dilihat dibawah ini :
Pertanyaan :
a.       Kados pundi hukumipun ngelampahi s}alat rebo wulan s}afar, kasebat wonten ing kitab mujarabat lan ingkang kasebat wonten ing akhir bab 18 ?.
فائدة اخرى : ذكر بعض العارفين من اهل الكشف والتمكين أنه ينزل كل سنة ثلاثمائة وعشرون ألفا من البليات وكل ذلك في يوم الاربعاء الاخير من شهر صفر فيكون في ذلك اليوم أصعب ايام السنة كلها فمن صلى في ذلك اليوم اربع ركعات.....الخ.
فونافا ساهي فونافا أوون ؟ يعني سنة فونافا حرام ؟ أفتونا اثابكم الله ؟
Artinya : Sebagian orang yang ma’rifat dari ahli kashaf dan tamkin menyebutkan ; setiap tahun, turun 320.000 cobaan. Semuanya itu pada hari Rabu akhir bulan s}afar. Maka pada hari itu menjadi sulit-sulitnya hari ditahun tersebut. Barang siapa s}alat di hari itu 4 rakaat ..dst…
b.      Kados pundi hukumipun ngelampahi s}alat ingkang kasebat wonten ing kitab (bagaimana hukumnya menunaikan s}alat hadiah yang tersebut dalam kitab sebagai berikut) ?
حاشية المهى على الستين مسئلة وونتن اخيرفون باب يلامتي ميت ونصه فائدة : ذكر في نزهة المجالس عن كتاب المختار ومطالع الأنوار عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه لا يأتي على الميت أشد من الليلة الأولى فارحموا موتاكم بالصدقة فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ في كل ركعة فيهما فاتحة الكتاب وآية الكرسي وألهاكم التكاثر وقل هو الله أحد إحدى عشرة مرة ويقول: اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور هدية يؤنسونه في قبره إلى أن ينفخ في الصور ويعطى الله المصلي بعدد ما طلعت عليه الشمس ألف شهيد ويكسى ألف حلة. انتهى وقدذكرناهذه الفائدة لعظم نفعها وخوفا من ضياعها, فينبغي لكل مسلم أن يصليها كل ليلة لأموات المسلمين
disebutkan dalam Nahzat al Maja>lis dari kitab al-Mukhta>r wa Mat}a>li’ al-Anwa>r, dari Nabi SAW, tidak datang paa mayyit hal yang lebih berat kecuali pada malam pertama. Maka kasihanilah mereka dengan s}adaqah. Barang siapa yang tidak punya, maka s}alatlah 2 rakaat, setiap rakaat membaca fatih}ah, ayat kursi dan surat al Ha>kum at-Taka>thur dan Qul Huwalla>hu Ahad 11 kali, an berdoa “ Ya allah sesungguhnya saya menunaikan s}alat ini dan engkau mengetahui apa yang sya kehendaki. Ya Allah kirimkan pahala s}alatku ini kepada kuburan si fulan bin fulan. Maka allah akan mengirimkan saat itu juga 1000 malaikat ke kuburan fulan dan setiap malaikat membawa nur sebagai hadiyah yang menghibur dikuburnya, sampai terompet ditiup (hari kiamat) dan bagi orang yang melakukan s}alat tersebut maka akan diberi pahala dengan pahala orang yang mati syahid sebanyak benda yang tersinari matahari, dan akan diberi pakaian perhiasan sebanyak 1000 macam. Telah saya sebutkan ini karena sangat besar manfaatnya dan takut tersia sia. Maka sebaiknya, bagi setiap orang muslim untuk melakukan s}alat tersebut pada setiap malam untuk kemanfaatan orang Islam yang sudah mati.

Jawaban :
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وبه نستعين على امور الدنيا والدين وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم. اورا وناع فيتواه, اجاء-اجاء لن علاكوني صلاة ربو وكاسان لن صلاة هدية كاع كاسبوت اع سوال, كرنا صلاة لورو ايكو ماهو دودو صلاة مشروعة في الشرع لن اورا انا اصلي في الشرع. والدَّلِيلُ على ذلك خُلُوُّ الكتب المُعْتَمَدَةِ عَنْ ذِكْرِهَا كيا كتاب تقريب, المنهاج القويم , فتح المعين, التحرير لن سأفندوكور. كيا كتاب النهاية, المهذب لن احياء علوم الدين, كابيه ماهو اورا انا كع نوتور صلاة كاع كاسبات. وَمِنَ المَعْلُوم انه لوكان لها اصل لبادروا الى ذكرها وذكر فضلها, والعادة تحيل ان يكون مثل هذه السنة, وتغيب عن هؤلاء وهم اعلم الدين وقدوة المؤمنين. لن اورا وناع اويه فيتواه اتوا عافيك حكوم ساكا كتاب نزهة المجالس. كتراعان سكع حواشي الاشباه والنظائر للامام الحمدي قال : ولا يَجُوزُ الإفتاء من الكتب الغير المعتبرة, لن كتراعان سكع كتاب تذكرة الموضوعات للملا على القاري : لا يَجُوزُ نقل الاحاديث النبوية والمسائل الفقهية والتفاسير القرءانية الا من الكتب المداولة (المشهورة) لعدم الاعتماد على غيرها من ودع الزنادقة وإلحاد الملاحدة بخلاف الكتب المحفوظة. انتهى لن كتراعان سكع كتاب تنقيح الفتوى الحميدية : ولا يَحِلُّ الإفتاء من الكتب الغريبة. وقد عرفت ان النقل المجربات الديريية وحاشية الستين لاستحباب هذه الصلاة المذكورة يخالف كتب الفروع الفقهية فلا يصح ولا يجوز الإفتاء بها. لن ماليه حديث كاع كاسبات وونتن كتاب حاشية الستين فونيكا حديث موضوع. كتراعان سكع كتاب القسطلاني على البخاري : وَيٌسَمَّى المختلف الموضوع ويحرم روايته مع العلم به مبينا والعمل به مطلقا. انبهى
Terjemah singkatnya “ Tidak benar fatwa tentang mengajak-ajak dan melakukan s}alat Rebo Wekasan dan s}alat Hadiyah sebagaimana tersebut dalam pertanyaan. Sebab, kedua s}alat itu bukanlah s}alat yang di syari’atkan dan tidak ada dasarnya didalam syari’at. Dalilnya juga sama sekali tidak ada dalam kitab-kitab yang mu’tamad seperti Taqrib, al-Minha>j al-Qawi>m, Fath} al Mu’i>n, at-Tah}ri>r, an Niha>yah, al Muhaz\z\ab, dan Ih}ya’ ‘Ulumuddin. Semua kitab itu tidak ada yang menyebutkan tentang kedua s}alat tersebut.Dan tidak dibenarkan memberikan fatwa dengan mengambil hukum dari kitab Mujarabat dan kitab Nazhat al Maja>lis, sebagaimana keterangan dalam H{awash al Ashbah wa an-Naz{a>’ir, Taz\kirat al Maudhu>’a>t dan Tanqi>h} al Fatwa> dan lain-lain.

1 komentar:

  1. Ketika Rasulullah Saw. menantang berbagai keyakinan bathil dan pemikiran rusak kaum musyrikin Mekkah dengan Islam, Beliau dan para Sahabat ra. menghadapi kesukaran dari tangan-tangan kuffar. Tapi Beliau menjalani berbagai kesulitan itu dengan keteguhan dan meneruskan pekerjaannya.

    BalasHapus